Senin, 01 September 2014

MANAJEMEN SISTEM ENERGI

3 . Manfaat dari peningkatan efisiensi energi

            Ada banyak manfaat dari peningkatan efisiensi energi . Ini dapat secara luas dikategorikan menjadi manfaat keuangan / ekonomi , lingkungan dan sosial . Kepentingan relatif dari masing-masing manfaat ini tergantung pada situasi aktual di negara tertentu atau wilayah , termasuk misalnya harga differentm jenis energi , biaya langkah-langkah efisiensi energi dan peralatan , rezim pajak dan tingkat saat ini efisiensi energi sudah dicapai .
Untuk perusahaan swasta , manfaat paling penting dari efisiensi energi yang lebih tinggi akan dihubungkan dengan keuntungan finansial dari biaya yang lebih rendah untuk menjalankan bisnis ( lihat kotak 2 ) . Ini aplies kepada perusahaan manufaktur yang khas serta supliers energi seperti pembangkit listrik tanaman dan kilang minyak . Contohnya adalah :
·         Energi yang efisien perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif avor perusahaan kurang efisien , memungkinkan mereka untuk meningkatkan keuntungan mereka dengan harga produk saat ini , atau menurunkan harga mereka untuk mendapatkan pangsa pasar , atau kombinasi dari item ini .
·          regulator Utilitas mungkin memerlukan supliers utilitas untuk menurunkan harga mereka kepada konsumen , dengan manfaat dari efisiensi operasi yang lebih tinggi bersama antara produsen dan konsumen energi untuk saling menguntungkan ( untuk manfaat overal masyarakat )
Dampak lingkungan
·          Mengurangi juga dapat seve sebagai pemasaran yang signifikan toolfor perusahaan efisien, karena persepsi publik "hijau " perusahaan mengambil peranan yang semakin meningkat dalam keputusan pembelian . Manfaat lingkungan meliputi banyak unsur , seperti mengurangi polusi lokal melalui pembakaran bahan bakar kurang , emisi gas rumah kaca yang lebih rendah , mengurangi penggunaan kayu bakar dan hance kerusakan kurang foresrs af
·          Bahkan di mana output perusahaan meningkat ( misalnya melalui memperluas kapasitas produksi ) perbaikan efisiensi energi dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam banyak kasus untuk mengurangi dampak negatif dari konsumsi energi per unit output . Setiap kenaikan emisi polutan sehingga akan diminimalkan
Pada tingkat nasional.
 jenis-jenis manfaat dapat mengurangi ketergantungan negara pada impor energi , atau bisa memperpanjang umur cadangan energi di mana menyajikan . Ini adalah kontribusi wortwhile bagi perekonomian nasional , sering dicapai dengan biaya yang sederhana untuk perusahaan yang terlibat , dan litle atau tanpa biaya kepada pemerintah itu sendiri

4.2 KERUGIAN ENERGI

            Inefisiensi bisa terjadi pada setiap tahap dari rantai suply -demand . Misalnya, efisiensi keseluruhan konvensional pembangkit listrik tanaman bahkan jika dioperasikan dengan baik - sering bisa litle lebih dari 30 persen , sementara batu bara buruk dioperasikan dipecat boiler mungkin berjuang untuk mencapai 50 per efisiensi persen . Kehilangan energi sehingga dapat signifikan troughout rantai. Kerugian dapat dibagi menjadi dua jenis utama :
·         kerugian intrinsik , yaitu kerugian tidak dapat dihindari seperti taht yang funcion aktivitas dan tergantung pada hukum-hukum termodinamika dan fisika . Sebagai contoh, jalur distribusi electicity ( dan aliran pipa ) akan selalu memiliki beberapa kerugian yang terkait , bahkan jika ukuran benar ( atau terisolasi )
·          kerugian dihindari , yaitu kerugian dari desain sub-optimal/poor , pemeliharaan dan pengoperasian sistem ( kebocoran steam , jalur non - terisolasi , tidak cukup ukuran kabel listrik , peralatan pembakaran inccorectly disesuaikan , dll )
Kerugian dihindari dalam rantai pasokan - permintaan akan menghasilkan kesempatan yang hilang , yang membutuhkan sumber daya energi primer tambahan untuk dikonsumsi dalam mencapai output yang diperlukan dari kegiatan tertentu . Selain cocts menambahkan , akan ada peningkatan yang sesuai pada degradasi lingkungan .
Meningkatkan efisiensi energi dari semua stepps dalam rantai pasokan - permintaan tentu saja cara dimana kita dapat mengurangi kehilangan energi . Dalam jangka pendek , meningkatkan efisiensi energi secara langsung alamat yang disebut kerugian dihindari tetapi , dalam jangka panjang , kita mungkin dapat mengatasi " tidak dapat dihindari " kerugian untuk gelar . Sebagai contoh, kita mungkin dapat mendesain ulang proses atau item peralatan untuk memastikan kerugian yang built-in untuk alasan teknis dijaga agar tetap minimum .
Praktis pengalaman menunjukkan bahwa kerugian dapat dihindari biasanya jauh lebih significamt taht yang " tecnical " kerugian . Kerugian besar terjadi pada semua sektor ekonomi dari penggunaan teknologi lama dan tidak efisien atau proses outdate . Dengan beberapa pengecualian , bagaimanapun , bahkan lebih penting adalah kehilangan yang dapat dihindarkan yang merupakan hasil dari manajemen yang buruk dari tanaman, proses dan peralatan, dan - dalam banyak kasus - dari perilaku yang tidak pantas konsumen enrgy .
Sebagai contoh sistem yang khas lossesv , angka III di bawah ini menggambarkan profision air panas untuk laundry menggunakan electricalenergi berbasis batu bara .
Gambar III menunjukkan empat langkah kunci produksi air panas dan berbagai kerugian yang terkait dengan masing-masing SPEP . Angka-angka yang ilustratif dan mewakili nomor khas ditemukan dalam praktek , meskipun mungkin ada variasi yang luas dari tanaman ke tanaman . Kerugian terakumulasi selama empat langkah karena .

Gambar III . contoh kerugian energi dalam produksi air panas



























·          Penanganan hasil batubara pada hilangnya 2 persen ( hilang ke daerah diseluruh pabrik , hilang dalam bongkar muat truk , dll ) ;
·          Pembangkit listrik sebenarnya dioperasikan pada sekitar 28 persen efisiensi secara keseluruhan ( kerugian gas panas pembakaran dari stack , pembuangan air pendingin hangat , inefisiensi mekanik dalam turbin dan generator , dll ) ;
·         The transmision listrik ke lokasi produksi dan distribusi air dalam generator tanaman itu sendiri hanya 87 persen yang efisien secara keseluruhan ( terutama kerugian dalam baris dan transformer )
·          Efisiensi pemanas air di cucian adalah 80 persen ( kehilangan panas yang dialami dari boiler , tangki penyimpanan dan pipa bekerja )
Kerugian cumulatife selama empat tahap sehingga berjumlah lebih dari 80 persen dari kandungan energi batubara asli . Dalam jangka efisiensi , efisiensi keseluruhan adalah :
                           0,98 x 0,28 x 0,87 x 0,80 = 0,191 ( atau 19,1 % )

Tabel di bawah ini merinci hasil untuk setiap langkah :)
Kunci masukan
langkah Energi
( unit energi )
kerugian Langkah
( persen )

keluaran energi
( satuan energi )
Sesuai
efisiensi
( dari langkah persen)
Langkah 1 : primari sumber energi
100
2
98
98

Langkah 2 : pembangkit listrik
98
72
27,4
28
Langkah 3: transmisi dan distribusi listrik
27,4
13
23,3
87
Langkah 4 : pemanas air
23,9
20
 19,1
80
Secara keseluruhan hasil
100
80,9
19,1
19



Upaya untuk meningkatkan efisiensi energi dapat dilakukan dalam setiap langkah . Sebagai contoh:
·         Penanganan Material mungkin dapat ditingkatkan dengan manajemen yang lebih baik dari peralatan untuk mengurangi kerugian menjadi 1,8 persen ( efisiensi 99,2 persen ) ;
·          Efisiensi Pembangkit listrik dapat dibangkitkan melalui perbaikan pemeliharaan untuk 32 persen ( kerugian sampai 68 persen )
·          upgrade Transformer bisa mengurangi kerugian transmisi / distribusi sampai 10 persen ( efisiensi 90 persen ) ;
·         Sebuah desain ditingkatkan dan isolasi yang lebih baik dari pemanas air , tangki dan pipa bisa mengurangi kerugian sampai 15 persen ( efisiensi 85 persen )
Angka yang lagi ilustratif dan mewakili perbaikan khas archievable dalam banyak situasi praktis . Efisiensi sistem secara keseluruhan akan menjadi .
                0,992 x 0,32 x 0,90 x 0,85 = 0,243 ( atau 24,3 persen )
Melalui peningkatan efisiensi proses langkah farious dan peralatan , efisiensi keseluruhan bisa mencapai 24 persen . Dari perspektif keluaran produk, energi input yang sama dapat menghasilkan lebih dari 24 unit output dibandingkan dengan sebelumnya meningkat 19 - 1n dari 26 persen








Tidak ada komentar:

Posting Komentar